25
Jan

Percetakan Murah Glossi VS Matt

Percetakan Murah Glossi VS Matt

Percetakan Murah Glossi VS Matt

Laminating adalah proses menerapkan sebuah film baik satu sisi atau kedua sisi dari dokumen dicetak. Penggunaan laminasi melayani beberapa tujuan:

Ini memberikan stabilitas lembar, memungkinkan untuk menjadi lebih tahan lama atau berdiri tegak.
Ini memberikan perlindungan untuk lembaran yang ditangani sering atau mungkin mengalami kelembaban.
Banyak dokumen laminasi yang tahan air, bukti air mata, dan bukti tamper.

Laminasi dapat menjadi tambahan yang berguna dan sering diperlukan untuk berbagai produk termasuk poster cetak, pencetakan buku untuk menutupi, peta, kartu keanggotaan, kalender percetakan, label makanan, menu, tanda-tanda, label harga, kartu ID, point-of-sale bahan, bisnis kartu, grafik, foto, alas piring, lencana, katalog selimut, sertifikat, dan banyak lainnya.
Film Klasifikasi /

Ada dua kategori utama yang
hampir semua jenis laminating diklasifikasikan: kantong dan roll.

Kantong

Pouch film laminasi seperti amplop dan disegel pada satu sisi. Mereka datang dalam berbagai ukuran untuk mengakomodasi item standar seperti kop surat atau kartu bisnis atau mereka dapat dibuat menjadi berbagai ukuran kustom.

Gulungan

Film gulungan laminasi dapat terdiri dari lapisan film yang diterapkan ke sisi depan dokumen atau dapat menjadi dua lapisan film di mana dokumen tersebut terjepit di antara lapisan dan disegel dengan menggunakan berbagai proses.

Jenis Film

Banyak film yang digunakan untuk laminating tersedia dalam berbagai ketebalan dan selesai mulai dari gloss jelas untuk delustered. Tiga bahan film utama yang digunakan untuk proses laminasi adalah:

Polyester – Polyester adalah film yang paling banyak digunakan dan dapat digunakan untuk hampir semua jenis aplikasi, tetapi yang paling sering digunakan untuk sampul buku, jaket debu, folder, dan slipcovers video. Film poliester tahan, dilipat, scuff panas dan anti gores, fleksibel, dan tangguh. Polyester film tidak akan menjadi rapuh dengan usia karena tidak mengandung plasticizer.
Polypropyline – polypropyline adalah jenis yang paling jelas dan terang film dan digunakan untuk aplikasi seperti poster, label, pemasaran, bahan, dan menulis di / menghapus kalender. Menawarkan ketahanan kimia dan sifat optik yang baik.
Nylon – Film Nylon adalah pilihan yang baik untuk aplikasi seperti jaket buku karena tahan gores dan sifat non-curling baik. Nylon laminasi merupakan bahan yang sangat stabil. Bila terkena panas, tidak akan meregang, dan ketika didinginkan, hal itu tidak akan menyusut.

Metode Laminasi

Laminasi termal

Laminasi biasanya terdiri dari 2 lapisan dengan masing-masing lapis terdiri dari film overlaminate dan perekat, yang kering dan tidak norak untuk disentuh. Sebuah sumber panas dan tekanan yang diperlukan selama proses laminasi. Dokumen ini ditempatkan di antara dua lapisan film laminasi dan kemudian dikirim melalui peralatan di mana perekat kering dibuat norak oleh panas dan ditekan ke dokumen di bawah tekanan tinggi. Setelah pendinginan, membeku perekat dan memberikan ikatan permanen antara film dokumen dan laminasi.

Laminasi Dingin

Laminasi dingin adalah proses di mana hanya satu sisi dari dokumen yang dilaminasi. Proses laminating ini diperlukan bila tinta dan / atau kertas yang digunakan untuk dokumen terlalu sensitif terhadap panas yang dibutuhkan dengan laminasi termal. Film yang digunakan untuk laminasi dingin jauh lebih mahal daripada untuk laminasi termal, tetapi peralatan yang lebih murah. Salah satu metode laminasi dingin menggunakan proses di mana tidak ada perekat kering digunakan sebagai dalam laminasi termal. Permukaan dokumen dibanjiri dengan perekat yang larut dalam air. Hal ini kemudian dikirim melalui serangkaian rol dengan film laminating digulung ke atas dokumen dan perekat. Tekanan diterapkan yang merata mendistribusikan perekat dan obligasi film ke dokumen. Perekat mengambil sedikit lebih lama untuk menyembuhkan dari laminasi termal dan saham ringan dapat kerut atau warp karena perekat berbasis air. Laminasi dingin mungkin tidak permanen sebagai laminasi termal.
Tips umum

Biarkan beberapa hari untuk lembaran laminasi untuk menyembuhkan, karena perekat membutuhkan waktu untuk sepenuhnya mematuhi saham.
Gunakan hati-hati ketika menerapkan sebuah film laminasi untuk lembar dipernis. Gunakan pernis yang mengering dengan cepat, mengandung pelarut sisa minimal, dan tidak mengandung aditif lilin.
Jangan laminasi bahan cetak yang berisi tinta metalik sejak masalah adhesi menggelegak udara dapat terjadi.
Gunakan hati-hati ketika sejumlah besar bubuk anti-pengurang telah disemprotkan pada lembaran selama pencetakan karena menyebabkan masalah adhesi.